10 Treks Internasional yang Diincar Para Pendaki

Hiking maupun trekking memang salah satu kegiatan outdoor yang menantang, bagi yang belum berpengalaman mereka akan lebih memilih melakukan kegiatan lain seperti traveling mengunjungi situs bersejarahsurfing di spot terbaik dunia, atau cukup berenang di kolam renang paling spektakuler dan bermain di water park paling ekstrim. Lain lagi kalau lo pernah mencoba trekking, dijamin lo akan ketagihan di ingin mencoba treks lainnya yang lebih menantang. Namun yang perlu diperhatikan saat trekking lo bukan cuma berjalan-jalan melihat pemandangan atau mencari udara segar, karena kegiatan ini akan menguji kemampuan fisik, daya tahan, mental, juga psikologis lo.

Jadi bagi lo yang masih ingin coba-coba, bisa pemanasan dengan melakukan hiking di treks yang landai dan perhatikan cara-cara aman mendaki untuk pemula. Nah, buat lo yang udah berpengalaman ngga ada salahnya lo mulai nabung untuk meng-explore treks internasional di bawah ini, karena treks-nya memiliki beragam tingkat kesulitan yang menantang sekaligus menjadi daya tarik para pendaki.

1. Dogon Country, Mali

Dogon Country termasuk kedalam situs Warisan Dunia UNESCO dan disana lo akan melewati jalan berlumpur mulai dari Afrika Barat sampai ke lereng Bandiagara. Perjalanan yang penuh perjuangan mungkin akan terbayar dengan pemandangan indah Dogon Country, namun lo juga perlu mengenal dan memperhatikan budaya Dogon dan orang-orang sekitarnya. Bagaimana mereka hidup harmonis dengan alam sekitarnya akan membuat lo takjub!

2. GR20, Corsica, France

Corsica sebuah pulau di Laut Mediterranean yang memiliki keindahan tersembunyi. Menempuh 180 km melewati puncak gunung berapi lalu menikmati indahnya danau kawah adalah pengalaman trekking yang ngga akan lo lupakan. Di sana lo juga bisa beristirahat di pondok yang disediakan. Jadi lelah setelah menempuh perjalanan, semuanya senilai dengan sejumlah pemandangan dan kenyamanan pondok di Corsica.

3. Inca Trail, Peru

Kota Inca menjadi magnet para arkeolog atau bagi orang-orang yang sekedar ingin tau dan melihat langsung Machu Picchu atau peninggalan dari peradaban Inca kuno. Sayangnya perjalanan kesana sudah mulai dibatasi, saat ini hanya 500 orang perhari dan itu pun harus dipesan melalui pemandu resmi. Jadi kalau lo tertarik untuk trekking sekaligus berziarah ke Machu Picchu coba mulai dipersiapkan dari sekarang.

4. Chadar Trek, India

Tingkat kesulitan di Chadar Trek adalah iklim, lo akan menginjak bahkan berjalan di atas permukaan es yang tipis, selain itu perjalanan sepanjang 100 km akan ditempuh selama 7-9 hari. Kalau sudah begitu bagaimana lo bisa bertahan di saat mulai menggigil dan kaku karena kedinginan? Jadi merasa tertantang kan?

5. Everest Base Camp, Nepal

Jangan berpikir Everest Base Camp akan mudah ditaklukan, meskipun ‘base camp’ tapi lo akan melewati treks yang sulit di atas ketinggian 5300 meter. Tapi kalau lo berniat melanjutkan perjalanan ke puncak Everest di ketinggian 9000 meter, lo dapat mempelajari tentang budaya Sherpa.

6. Overland Track, Tasmania, Australia

Salah satu situs Warisan Dunia ini terletak di Gunung Cradle - Lake St Clair National Park. Sepanjang 65 km lo akan melewati medan terjal, puncak tertinggi di Tasmania, menyelam di danau terdalam Lake St Clair, dan melihat flora terbaik di Australia. Memakan waktu selama seminggu, perjalanan ke Overland Track tentunya akan menjadi salah satu perjalanan terbaik lo.

7. Routeburn Track, New Zealand

Trek yang menantang dengan lanskap Fjord yang menakjubkan, ditambah satwa liar yang berlimpah dan di sana juga lo bisa menemukan burung endemik.

8. The Narrows, USA

Ngarai paling ‘legendaris’ yang menjadi bagian Zion National Park, Utah, ini juga bisa jadi lokasi trekking incaran lo. Untuk sampai di sana lo bisa melalui Virgin River dan biasanya orang-orang lebih suka datang di musim semi dan summer.

9. Haute Route, France

Bagi para pendaki yang memimpikan ada di puncak tertinggi Alpine, Haute Route adalah salah satu impian lo. Perjalanan antara Chamonix di Perancis ke Zermatt, Swiss, dengan salju dan hijaunya vales yang indah ini ga mungkin lo lewatin. Selain itu lo juga bisa menemukan flora dan fauna yang unik.

10. Baltoro Glacier dan K2, Pakistan

Salah satu situs yang menakjubkan dengan lapisan batuan, crevasses, juga danau biru es. Bagian dari pegunungan Korkoram ini menawarkan pemandangan yang paling indah dan merupakan salah satu trek terpanjang di dunia, puncaknya mencapai 8000m. Lo membutuhkan persiapan fisik yang total dan tentunya pengalaman, karena jalur ini adalah salah satu yang paling menantang! Well, good luck guys!

Source : Here